Jumat, 24 Juni 2011

5 cangkir kopi timbulkan halusinasi

5 Cangkir Kopi Timbulkan Halusinasi
APABILA akhir-akhir ini Anda kerap mendengar suara-suara yang tak nyata, jangan keburu berkesimpulan Anda telah mendengar hal mistis atau gaib. Itu mungkin disebabkan konsumsi kopi Anda yang berlebihan.

Menurut para peneliti, meminum kurang lebih lima cangkir kopi sehari cukup untuk membuat telinga Anda aktif  menimbulkan suara-suara.

Dalam sebuah percobaan, sukarelawan yang telah mengkonsumsi kafein tingkat tinggi berpikir mereka telah mendengarkan lagu Bing Crosby bertajuk White Christmas meskipun lagu itu sebenarnya tidak dimainkan.

Lebih lanjut, para peneliti menggambarkan kafein sebagai obat psikoaktif yang paling umum digunakan. Mereka menjelaskan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa risiko kesehatan akibat terlalu banyak meminum kopi perlu segera diatasi.

Dalam sebuah tes, 92 relawan diminta untuk mendengarkan suara fuzzy konstan yang dikenal sebagai white noise.

Profesor Simon Crowe dari La Trobe University di Melbourne lalu berkata, "Kami juga mengatakan kepada sukarelawan bahwa dalam white noise mungkin ada bagian dari lagu White Christmas. Dan jika mendengarnya, mereka diminta tekan tombol." Padahal, mereka sama sekali tidak memasukkan lagu White Christmas di dalam white noise. Namun nyatanya, banyak sukarelawan yang diketahui mengalami stres dan mengonsumsi banyak kopi berpikir bahwa mereka mendengar lagu itu.

"Kombinasi stres dan kafein memengaruhi kemungkinan seorang individu mengalami gejala psikosis," tambahnya seperti dikutip dari Daily Mail (7/6)

Sementara itu, tim dari School of Psychological Sciences pun menemukan bahwa lima cangkir kopi sehari sudah cukup untuk memicu kondisi tersebu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN BERKOMENTAR DISINI

SEKALI KLIK KETAGIHAN

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...